-->
Kampung Berseri Astra Kemuning Yogyakarta
Kampung Berseri Astra Kemuning Yogyakarta

Kampung Berseri Astra Kemuning Yogyakarta

Sejak awal berdirinya, PT ini memiliki suatu komitmen, yaitu sejahtera bersama bangsa............................PT Astra Internasional Tbk memprioritaskan empat pilar utama dalam kegiatan sosialnya tersebut. Empat pilar tersebut adalah pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan.

banner


SamudraBacaMedia - Sudah 61 tahun lamanya PT Astra Internasional Tbk berdiri. Sejak awal berdirinya, PT ini memiliki suatu komitmen, yaitu sejahtera bersama bangsa. Hal ini pun direalisasikan dengan kegiatan sosial (CSR) yang sangat gencar dilakukan oleh PT Astra internasional Tbk, tentunya CSR yang proaktif, terstruktur dan berkesinambungan.

PT Astra Internasional Tbk memprioritaskan empat pilar utama dalam kegiatan sosialnya tersebut. Empat pilar tersebut adalah pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan. Empat pilar tersebut merupakan komponen yang sangat penting untuk mensejahterakan kehidupan masyrakat.

Kampung Berseri Astra merupakan salah satu bentuk dari kegiatan sosial PT Astra. Program ini mulai berjalan sejak tahun 2013. Kegiatan ini bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat di pedesaan. Selain itu, kegiatan ini pun bertujuan guna membantu pemerintah dalam menekan angka kemiskinan bangsa. Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi dari Dirjen Taufik. “Astra telah membantu pekerjaan kementerian kami. Harapannya, program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan mengurangi angka pengangguran”, Ujar Taufik.

Saat ini sudah ada 77 Kampung Berseri Astra yang tersebar di Indonesia, sebagaimana dijelaskan oleh head of corporate communications ASII Boy Kelana Soebroto. Rencananya PT Astra Internasional Tbk bersama yayasan dan anak perusahaannya akan mengembangkan 300 kampung berseri astra yang tersebar di 100 kabupaten dari sabang sampai meroke.

Dalam program Kampung Besrseri Astra ini, masyarakat akan dibina dalam bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan dan kewirausahaan. Dengan binaan tersebut masyarakat desa diharapkan menjadi masyarakat yang cerdas, bersih serta produktif.

Desa yang akan dijadikan wilayah Kampung Berseri Astra pun dipilih melalui seleksi dan beberapa pertimbangan. Jika wilayah tersebut lulus seleksi dan pertimbangan, wilayah tersebut pun akan menjadi salah satu wilayah Kampung Berseri Astra.

Salah satu kampung Berseri Astra terdapat di daerah Jawa, tepatnya di daerah Yogyakarta. Kampung ini bernama Kampung Berseri Astra Kemuning. Letaknya di Kelurahan Kemuning, Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Setelah dilakukan pertimbangan yang matang selama tiga tahun, akhirnya daerah kemuning pun terpilih sebagai Kampung Berseri Astra, tepatnya pada tahun 2016.

Kepala Dusun Kemuning, bapak Suhardi pun mengaku senang dan bersyukur karena kampungnya terpilih menjadi KBS. Selain pembangunan fisik, masyarakatnya pun didorong serta dibina dalam berbagai aspek yang sangat beguna bagi masa depan mereka, yakni empat pilar yang telah disebutkan di atas.


Pendidikan

Dalam sektor pendidikan, PT Astra Internasional Tbk memberikan beasiswa terhadap para siswa, mulai dari pendidikan jenjang SD sampai jenjang perkuliahan.

Di kampung Kemuning ini pun sudah terdapat PAUD, SD dan SMP. Ini merupakan hal yang baik bagi masyarakat karena tidak ada lagi anak yang berhenti sekolah atupun tidak sekolah sebab tidak memiliki cukup biaya. Dengan program ini pun diharapkan warga kemuning akan mendapatkan pendidikan yang baik dan membangkitkan semangat serta kesadaran akan pentingnya pendidikan.


Kesehatan

Dalam aspek kesehatan ini masyarakat didorong agar peka terhadap kesehatan. Kesehatan ini sangat penting sekali, sebab jika tubuh sehat, tubuh dapat menunjang setiap aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu masyarakat pun selalu diberi penyuluhan kesehatan.

Dalam kampung Astra Kemuning tendapat sebuah pendopo. Di pendopo tersebut sering diadakan penyuluhan kesehatan. Kegiatan ini, biasanya diisi oleh para dokter muda dan mahasiswa dari Universitas Gajah Mada. Selain itu, tempat ini pun menjadi tempat penimbangan para anak. Semua kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan.


Lingkungan

Dalam bidang ini, masyarakat diberi penyuluhan seputar lingkungan dan kewirausahaan. Masyarakat diberi pengetahuan tentang tanaman hidroponik. Hidroponik ini adalah menanam dengan media air. Menanam dengan media air ini akan menghasilkan panen yang lebih berkualitas dibanding dengan media tanah.

Selain itu di kampung ini pun terdapat bank sampah. Seperti yang kita tahu, dengan bank sampah, kita dapat mengubah sampah menjadi uang. Selain itu, sampah sampah tersebut pun diubah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Dari hal tersebut diharapkan masyarakat akan lebih peka terhadap kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih, kesehatan pun menjadi lebih mungkin untuk diwujudkan.


Kewirausahaan

Kampung Berseri Astra selalu berusaha membantu mendorong perekonomian warganya. Kampung Astra pun mendorong masyarakatnya untuk memanfaatkan potensi alam yang ada. Di kampung kemuning tersebut banyak sekali singkong, maka semua olahan berbahan singkong selalu dibuat di sini guna merealisasikan perekonomian masyarakat yang mapan.

Di desa ini pun terdapat area terjal yang sangat cocok untuk arena olahraga sepeda gunung, bahkan ada pula tempat yang cocok untuk arena motorcross. Dengan semua ini, perekonomuan masyarakat diharapkan akan lebih membaik dan masyarakat pun semakin sejahtera.


Kampung Kemuning Menjadi Tuan Rumah Jambore Adiwiyata

Pada bulan April 2017 lalu, Kampung Berseri Astra Kemuning mendapat kehormatan dengan menjadi tuan rumah Jambore Adiwiyata Astra dalam rangka ulang tahun Astra yang ke 60. Ada beberapa acara pokok dalam acara ini, seperti eksplorasi keanekaragaman hayati, eksperimen sains, dan lingkungan.

Acara ini diikuti oleh 250 siswa dan guru dari 70 sekolah Adiwiyata dari 10 provinsi di Indonesia. Sepuluh provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Barat.

Masyarakat Desa Kemuning sangat mengapresiasi program Kampung Berseri Astra ini. Acara ini sangat membantu masyarakat, baik dalam sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan wirausaha. Acara ini pun dirasa cukup membantu pemerintah dalam membasmi kemiskinan di negeri ini.
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.