-->
Membuka Kuliah Online  yang Efektif Via WHATSAPP
Membuka Kuliah Online  yang Efektif Via WHATSAPP

Membuka Kuliah Online yang Efektif Via WHATSAPP

Membuka Kuliah Online yang Efektif Via WHATSAPP – banyak sekali orang yang bertanya-tanya, bagaimana cara membuat kulon di grup whatsapp yang efektif. Masalahnya jika sedang pembahasan materi, ada saja anggota grup yang ngerecok alias spam, sehingga mengganggu pembahasan materi yang sedang berlangsung atau banyak anggota yang offline saat kulon berlangsung...........................................Langsung saja deh....tidak perlu banyak basa basi lagi.........simakah langkah-langkah di bawah ini.......

banner



Membuka Kuliah Online  yang Efektif Via WHATSAPP – banyak sekali orang yang bertanya-tanya, bagaimana cara membuat kulon di grup whatsapp yang efektif. Masalahnya jika sedang pembahasan materi, ada saja anggota grup yang ngerecok alias spam, sehingga mengganggu pembahasan materi yang sedang berlangsung atau banyak anggota yang offline saat kulon berlangsung.

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Banyak sekali fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Di sisi lain, whatsapp pun tidak memakan banyak kuota. Salah satu manfaat whatsapp adalah bisa digunakan untuk kuliah online atau kulon, namun ada beberapa masalah yang sering terjadi saat kulon berlangsung, seperti banyak anggota grup yang offline saat kulon berlangsung karena tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu dan yang lebih parahnya lagi, adanya anggota yang ikut nimbrung saat penyampaian materi berlangsung.

Makanya, pada postingan kali ini SamudraBaca akan sedikit memberikan cara membuat kulon yang efektif.

Langsung saja deh....tidak perlu banyak basa basi lagi.........simakah langkah-langkah di bawah ini.......

Cara Membuat Kulon yang Efektif

1. Tentukan waktu kulon
Tentukan waktu kulon dan beritahukan kepada semua anggota grup, agar tidak ada anggota grup yang offline saat kulon berlangsung karena tidak tahu waktu pelaksanaan kulon.

2. Tidak merubah-rubah jadwal kulon
Sebaiknya kulon selalu dilasanakan pada waktu yang sama, agar semua anggota selalu ingat, sehingga selalu mengosongkan wakunya.

3. Jangan jadikan semua anggota grup sebagai admin
Inilah bagian yang sangat penting dalam menjaga kondusifitas saat kulon berlangsung. Sebaiknya hanya pemateri dan beberapa orang saja yang menjadi admin. Jika semua anggota grup sudah menjadi admin, anda dapat mengeluarkannya sebagai admin dengan cara

- Buka setelan grup




- Klik Edit admin grup




- Hilangkan ceklis pada setiap anggota lalu klik ceklis yang di bawah.





4. Ubah setelan pesan grup, supaya hanya admin yang dapat kirim pesan di grup

Aturlah setelan grup whatsapp agar hanya admin yang dapat mengirim pesan di grup. Inilah alasan mengapa tidak semua anggota grup dijadikan admin, agar hanya pemateri saja yang bisa mengirim pesan ke grup, sehingga tidak ada anggota yang ikut nimbrung pesan tidak jelas saat penyampaian materi.

Untuk mengubah setelan pesan grup, pertama bukalah grup yang ingin diubah modenya.

- Buka setelan/setting grup

- Klik Kirim Pesan




- Pilih Hanya Admin lalu Oke




5. Mulailah kulon dengan pembahasan materi

Setelah selesai menyeting grup, maka grup pun siap untuk kulon. Mulailah kulon dengan pembahasan materi. Yaaaa.............seperti presentasi di sekolah dehh pokonya.

6. Dilanjut dengan sesi tanya jawab

Setelah sesi pembahasan selesai, selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Saya ingatkan sekali lagi, grup harus masih dalam setelan hanya admin yang dapat mengirim pesan..............dalam sesi tanya jawab, harus ada orang yang membantu pemateri, tentunya dari admin grup itu sendiri.

Orang tersebut harus jadi relawan penampung pertanyaan. Setelah ia mengumpulkan pertanyaan, selanjutnya ia hanya perlu mengirim pertanyaan tersebut ke grup yang selanjutnya akan dijawab oleh si pemateri, agar dapat dilihat oleh semua anggota grup.

Selesai.........................................................

Sampai di sini dulu yahh sahabat blogger. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu semua okk........

Selamat mencoba dan berhasil.................sampai jumpa lagi di postingan berikutnya..............


Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.