-->
Perayaan Gong Xi Fa Cai Diiringi Dengan Doa Keberuntungan Dari Pertunjukkan Barongsai
Perayaan Gong Xi Fa Cai Diiringi Dengan Doa Keberuntungan Dari Pertunjukkan Barongsai

Perayaan Gong Xi Fa Cai Diiringi Dengan Doa Keberuntungan Dari Pertunjukkan Barongsai

Ada banyak jenis perayaan di Indonesia, perbedaan budaya, suku bangsa, kebiasaan, agama, dan hal-hal lainnya membuat Indonesia menjadi negara yang penuh dengan keberagaman yang sampai sekarang masih menjadi keunikan dan keistimewaan Indonesia di mata negara lainnya.

banner


SamudraBacaMedia - Ada banyak jenis perayaan di Indonesia, perbedaan budaya, suku bangsa, kebiasaan, agama, dan hal-hal lainnya membuat Indonesia menjadi negara yang penuh dengan keberagaman yang sampai sekarang masih menjadi keunikan dan keistimewaan Indonesia di mata negara lainnya. Indonesia yang dipenuhi dengan banyak kebudayaan yang berbeda tentunya memberikan cerita yang berbeda pula setiap saatnya. Nah salah satunya adalah perayaan yang berbeda-beda dari masyarakat didalamnya. Salah satunya adalah masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia, ada banyak sekali masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia sejak dahulu kala.

Kedatangan ke Indonesianya dulu adalah upayanya dalam melakukan budaya perdagangan, dan mengembangkan bisnis yang mereka lakukan. Namun, beberapa pedagangnya menikahi wnaita Indonesia sehingga kebudayaan bangsa atau masyarakat Tionghoa semakin banyak dan meluas di negara Indonesia. inilah pula yang membuat berbagai tradisi dan kebudayaan Tionghoa menjadi perayaan yang juga dirayakan di Indonesia. salah satunya adalah merayakan Gong Xi Fa Cai. Nah acara ini adalah perayaan tahun baru imlek bagi masyarakat Tionghoa. Beberapa tradisi dan kebiasaannya dilakukan untuk memberikan keburuntungan baru ditahun yang akan datang.

Tradisi Gong Xi fa Cai ini dilakukan untuk memberikan selamat dan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya khususnya masyarakat Tionghoa. Mereka ingin mendoakan bersama limpahan keberuntungan yang akan membuat mereka bersyukur dan berubah lebih baik di tahun yang akan datang. Perayaan ini tentunya memberikan kebahagiaan yang akan membuat semua masyarakatnya senang. Anda yang mungkin tak merayakan pasti akan ikut berbahagia karena beberapa perayaannya membuat banyak kalangannya ikut sennag dan meriah sekali untuk dirayakan. Sampai sekarang perayaannya ini selalu menyenangkan untuk dilakukan.

Berbagai perayaan biasnaya tidak hanya diadakan oleh para masyarakatnya saja, berbagai toko-toko swalayan, beberapa perusahaan besar, hingga pemerintahan akan ikut merayakan tahun baru imlek. Biasnaya ada banyak hal yang dilakukannya, paling sering adalah perayaan di mal-mal atau sebuah toko ialah diskon besar-besaran untuk menyambut tahun baru imlek. Seperti yang diadakan oleh ilotte.com yang memebrikan diskon hoki 99 ribu hingga memberikan 75% ditambah ekstra diskon 25%. Sehingga Anda bisa mengunjungi link untuk melihat berbagai produk-produk ternama yang dijual didalam tokonya. Diskon besar-besarannya ini hanya berlaku untuk menyambut tahun baru imlek atau Gong Xi Fa Cai jadi jangan sampai ketinggalan. Ini adalah perayaan yang diberikan dalam beberapa halnya, namun ada juga perayaan berupa pertunjukkan Barongsai.


Gong Xi fa Cai Dan Barongsai

Merayakan Gong Xi fa Cai tentunya identik dengan pertunjukkan barongsai, tahukah Anda tentang barongsai? Ini adalah pertunjukkan tarian tradisional yang berusaha ditunjukkan oleh para profesional barongsai untuk mengihindarkan mereka dari tahun baru yang dipenuhi dengan kesialan, kerugian, hingga hal-hal buruk yang akan menyerang mereka. berbagai perayaan barongsai akan dirayakan dimana saja. Ada banyak pertunjukkan barongsai yang mempertunjukkan aksinya dan memebrikan cerita atau kisah yang menarik untuk ditonton berlama-lama sekalipun.

Tradisi barongsai ini memang menarik perhatian banyak orang bahkan perayaannya ini selalu berhasil memukau para penonton, Anda yang mungkin tidak akan sampai kehilangan kesempatan agar melihat pertunjukkan  yang profesional dari para penarinya. Perayaan Gong Xi fa Cai yang penuh dengan doa keburuntungan tentunya selalu di iringi dengan berbagai tradisi lainnya, nah barongsai ini adalah salah satu cara tradisi tari tradinal yang akan memberikan tarian penuh cerita yang akan memberikan pengusiran pada gangguan keberuntungan yang datang ditahun baru.

Nama Barongsai merupakan nama yang diambil dari bahasa China dan juga Indoensia, artinya “barong” ini adalah berarti boneka yang dimainkan atau digerakan oleh manusia. “sai” adalah singa dalam bahasa hokkian. Ini mengapa jika di barat Anda mungkin akan mengenal bahasa lain, karena mereka menyebutnya dengan sebutan “Lion Dance” sementara dalam China “WuShi”. Barongsai sendiri ada 5 warna singa yaitu, hitam, putih, kuning, hijau, dan merah. Kelima barongsai ini menunjukkan pada lima arah pada kompas yang merupakan unsur dari kehidupan yang berarti. Hitam untuk Air diarah Utara, Putih untuk Logam diarah Barat, Pusat untuk warna kuning pada Bumi,  kayu untuk warna Hijau diarah Timur, dan terakhir warna Merah untuk Api diarah Selatan.


Cerita Barongsai Pertama Kali

Sebelumnya sejarah dari barongsai itu sendiri memang sangat berkesan, kabarnya dahulu kala baraongsai merupakan cara seorang raja untuk melawan sebuah pasukan yang sudah membuat kerajaannya hancur. Barongsai ini dibuat untuk menakut-nakuti dengan menari-nari agresif dan ekspresif sehingga membuat pasukan lawannya ketakutan dan tidak melanjutkan penyrangannya. Pertarungan ini antara Raja Song Wen dan raja fan yang. Nah barongsai ini merupakan Singa Selatan yang dikenal lebih ekspresif dibandingan Singa utara.

Pertunjukkan tariannya ini memang akhirnya merupakan antara Singa Utara dan Singa Selatan, keduanya memberikan pertunjukkan tarian yang ebrebda dan memberikan ciri khas melalui karakter dan sifat dari karakter yang mereka bawakan. Jadi, bisa Anda bayangkan bahwa Anda akan terbawa secara emosi untuk melihat pertunjukkan yang penuh dengan cerita dan kisah yang ingin memberikan pelajaran atau memberikan doa-doa keberuntungan bagi beberapa orangnya.

Selain cerita tentang Raja ada juga yang menyebutkan pertunjukkan Barongsai ini pertama kali dilakukan oleh para dewa dan dewi dari langit. Mereka melakukan pertunjukkan karena sudah merasa bahwa serang roh-roh jahat dibumi sudah terlalu memberikan kerugian bagi masyarakat yang ada di bumi. Nah tarian-tariannya hingga musiknya ini dianggap akan membuat roh-roh jahat atau hal-hal buruknya dapat hilang dan tidak berani datang untuk menganggu.

Indoensia pertama kali mengenalkan barongsai diabad ke17, sayangnya pada tahun 1965 tarian barongsai harus dihentikan oleh pemerintahan. Sehingga tarian ini tak pernah terlihat lagi dan menjado tradisi yang asing bagi seluruh rakyat Indonesia kala itu. Sampai pada tahun 1988, barongsai kembali boleh dipertunjukkan dan dipertontonkan didepan umum dan kembali menjafdi perayaan yang seru untuk ditunjukkan kepada banyak kalangannya.


Barongsai Hari Ini

Sampai saat ini Barongsai di Indonesia sudah menjadi bagian dari atlet, mereka dijuluki atlet barongsai dan sudah diakui oleh Koni sebagai Komite Olahraga Nasional Indonesia. sampai sekarang Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) sebagai komite yang menaungi kesenian Barongsai sudah banyak mengikuti lomba dalam kancah Internasional. Nah kegiatan olahraga ini terjadi karena sekarang barongsai sudah dicampur dengan tradisi kesenian seperti olahraga wushu dalam pertunjukkannya sehingag membuat Barongsai semakin dilirik dan diakui oleh banyak orang.


Doa Keberuntungan Saat Gong Xi Fa Cai

Kembali ke perayaan tahun baru imlek yang merayakan Gong Xi fa cai, memang ada banyak tradisi yang biasanya dilakukan. Memakai pakaian merah, menyiapkan makanan, petasan, angpao, dan masih banyak lagi. Tentunya adalah kegiatan-kegiatan yang semuanya memberikan doa keberuntungan yang harus dilimpahkan pada seluruh anggota masyarakat Tionghoa sehingga tahun barunya bisa menjadi lebih bahagia atau lebih beruntung dalam berbagai kesempatannya. Nah itu sebabnya pertunjukkan Barongsai ini juga diadakan, Anda akan melihat pertujukkan Barongsai setiap Imlek atau tahun barunya ini.

Barongsai ini akan menari-nari dan bergerak-gerak dengan musik yang khas, ada drum, simbal dan gong. Drum digunakan untuk pergerakan singa yang akan memberikan penekanan dalam setiap pergerakannya. Lalu simbal dan gong untuk memberikan penekanan ekpresi yang coba disampaikan oleh barongsainya. Nah kepiawaian Barongsai yang menyampaikan ekspresinya ini akan membaut banyak kalangan terhanyut pada cerita barongsai yang berusaha menangkal segala kesialan, pengaruh buruk dari roh jahat yang akan datang ditahun baru atau Gong Xi fa cai.

Keberuntungan yang anda dapatkan biasnaya sudah dimulai sejak menjelang mendekati tahun baru berbagai acara penyambutan tahun baru imlek akan secara meriah diadakan. Berabagai tempat liburan akan menajdi tempat untuk memberikan perayaan yang istimewa. Sama seperti jika anda berbelanja di Ilotte.com, anda bisa menyambut Imlek atau Gong Xi fa Cai dengan makanan, minuman, pakaian baru kesukaan anda, atau fashion terbaru yang trend dengan harga yang lebih murah karena ada diskon besar yang ditawarkan oleh toko online tersebut. Mari merayakan Imlek dengan penuh kebahagiaan dan sambut keberuntungan yang ada.


Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.