-->
Mengedit Kategori Pada Menu Bar Blog
Mengedit Kategori Pada Menu Bar Blog

Mengedit Kategori Pada Menu Bar Blog

Menu bar merupakan hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger. Dengan adanya menu bar, akan memudahkan para penggunjung untuk mencari artikel yang mereka inginkan........................4. Setelah script template anda terbuka, tekan Ctrl + f, maka akan muncul menu pencarian.

banner


SamudraBacaMedia - Saat pertama kali kita membuat blog, blog kita akan otomatis menggunakan template bawaan blogger. Tak sedikit dari para blogger yang kemudian mengganti template blog mereka dengan template premium demi membuat tampilan blog yang lebih bagus dll.

Saat anda menggunakan template baru, menu bar pada template tidak otomatis mengikuti kategori postingan blog anda. Misalnya anda menulis blog dengan tema wisata. Ketika anda memasang sebuah template baru, menu bar pada template tersebut tidak otomatis berubah menjadi kategori wisata. Anda harus mengaturnya secara manual.


Menu bar itu apa sih?


Menu bar adalah sebuah sebutan untuk menu navigasi pada sebuah blog dan terletak paling atas pada blog. Menu bar berupa kata yang merujuk pada kategori post suatu blog. Misalnya anda menulis blog bertema wisata, maka menu barnya bisa berupa ‘wisata bandung’, ’ wisata bali’ dll.

Menu bar merupakan hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger. Dengan adanya menu bar, akan memudahkan para penggunjung untuk mencari artikel yang mereka inginkan. Misalkan blog anda adalah blog wisata. Saat pengunjung mencari artikel seputar wisata bandung, ia tak perlu repot mencari artikel tersebut karena sudah ada dalam menu bar. Ia cukup mengklik menu ‘wisata bandung’, maka artikel seputar wisata Bandung pun langsung muncul.

Cara Mengedit Kategori pada Menu Bar.

Pada contoh template ini terdapat tiga kategori menu bar, yaitu Galeri Foto, Info Menarik dan Manga.


1. Login ke akun blogger anda.

2. Klik tema pada dashboard blogger.

3. Klik Edit HTML.



4. Setelah script template anda terbuka, tekan Ctrl + f, maka akan muncul menu pencarian.

5. Ketik salah satu nama kategori yang telah ada pada template blog anda lalu tekan enter.
Di sini saya mencoba Galeri Foto.

6. Selanjutnya sistem akan menampilkan scrip yang mengarah pada tampilan menu bar anda, seperti pada gambar di bawah ini.



7. Ganti nama kategori lama menjadi kategori yang relevan dengan postingan blog anda.
Misalnya kata Galeri Foto saya ganti dengan Wisata Bandung.



8. Ganti tanda # dengan link label kategori.
Misal, di sini saya ingin membuat kategori Wisata Bandung, berarti saya mengubah # dengan link label Wisata Bandung.



9. Jika sudah, tekan simpan tema.

Kategori pada menu bar blog anda pun sudah berubah seperti apa yang anda ingikan.

Untuk menghapus suatu kategori anda hanya perlu menghapus mulai dari <li> sampai </li> lalu simpan tema.

misal, saya ingin menghapus kategori Manga, maka yang harus saya hapus mulai dari <li> sampai </li> yang di dalamnya terdapat kata Manga, seperti gambar di bawah ini.



Sekian ulasan mengenai cara mengedit kategori pada menu bar. Semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada postingan berikutnya..........


Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.